Tentang Kami
Selamat datang di website PT Mitra Distribusi Utama (“MDU”), yang beralamat kantor di Paramount Mendrisio 1 Blok A No. 6, Jalan Boulevard iL Lago, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang 15334.
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan MDU ini (“Ketentuan”) memuat syarat untuk menggunakan Layanan website (“Layanan”) yang disediakan oleh MDU untuk para Pengguna Layanan (“Pengguna”). Harap Pengguna membaca seluruh syarat dan ketentuan ini dengan seksama, dengan mengakses Layanan berarti anda telah memahami dan menyetujui untuk terikat dengan syarat dan ketentuan ini.
-
Persetujuan atas Ketentuan ini
- 1.1 Seluruh Pengguna harus menggunakan Layanan sesuai dengan Ketentuan ini. Pengguna tidak boleh menggunakan Layanan kecuali mereka menyetujui Ketentuan ini.
- 1.2 Pengguna di bawah umur dianggap sudah mendapatkan izin dari orang tua atau wali Pengguna untuk mengakses Layanan.
- 1.3 Pengguna yang akan menggunakan Layanan atas nama, atau untuk tujuan, suatu badan usaha, maka badan usaha tersebut juga harus menyetujui Ketentuan ini sebelum menggunakan Layanan.
-
Privasi
- 2.1 MDU harus mengelola semua informasi pribadi yang berkaitan dengan Layanan.
- 2.2 MDU menempatkan prioritas utamanya pada privasi Penggunanya.
- 2.3 MDU akan menangani informasi privasi dan informasi pribadi Pengguna dengan tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
- 2.4 MDU berjanji untuk sangat berhati-hati dan memperhatikan langkah-langkah keamanannya untuk memastikan pengelolaan yang aman dari setiap dan semua informasi yang telah dikumpulkan dari Pengguna.
-
Penyediaan Layanan
- 3.1 Pengguna harus menyediakan komputer pribadi, perangkat ponsel atau perangkat komunikasi lainnya, yang diperlukan untuk menggunakan Layanan atas tanggung jawab dan biaya mereka sendiri.
- 3.2. MDU berhak membatasi akses pada semua atau sebagian Layanan oleh Pengguna tergantung pada kondisi yang dianggap perlu oleh MDU.
- 3.3. MDU berhak untuk mengubah, atas kebijakan MDU, semua atau sebagian dari Layanan setiap saat sebagaimana dianggap perlu oleh MDU, kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
- 3.4. MDU dapat berhenti menyediakan semua atau sebagian dari Layanan tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna jika terjadi salah satu dari yang berikut ini:
- 3.4.1 Saat melakukan pemeliharaan atau perbaikan sistem.
- 3.4.2 Ketika Layanan tidak dapat diberikan karena keadaan kahar seperti kecelakaan (misalnya, kebakaran, pemadaman listrik, dll), tindakan Tuhan, perang, huru-hara, perselisihan perburuhan.
- 3.4.3 Ketika ada kegagalan sistem atau beban berat pada sistem.
- 3.4.4 Saat mengamankan keselamatan Pengguna atau pihak ketiga, atau dalam keadaan darurat untuk kesejahteraan umum.
- 3.4.5 Ketika MDU secara wajar menentukan itu dibutuhkan, selain yang ditetapkan dalam butir 3.4.1 hingga 3.4.4 di atas.
-
MDU melarang Pengguna untuk melakukan setiap tindakan berikut saat menggunakan Layanan:
- 4.1. Tindakan yang melanggar peraturan perundang-undangan, putusan, keputusan atau perintah pengadilan, atau tindakan administratif yang mengikat secara hukum;
- 4.2. Tindakan yang dapat melanggar ketertiban umum, moral atau kebiasaan;
- 4.3. Tindakan yang melanggar hak kekayaan intelektual seperti hak cipta, hak merek dagang, hak paten, privasi, dan semua hak lain yang diberikan oleh hukum atau kontrak dengan MDU dan/atau pihak ketiga;
- 4.4. Tindakan mengirim posting atau menyebarkan: kekerasan atau ekspresi seksual eksplisit yang eksesif; ekspresi yang mengarah pada pornografi anak atau kekerasan terhadap anak; ekspresi yang mengarah pada diskriminasi berdasarkan ras, asal negara, kepercayaan, jenis kelamin, status sosial, asal keluarga, dll.; ekspresi yang membujuk atau mendorong bunuh diri, perilaku melukai diri sendiri atau penyalahgunaan narkoba; atau ekspresi yang mengandung konten anti-sosial dan menyebabkan ketidaknyamanan orang lain;
- 4.5. Tindakan yang mengarah pada pernyataan yang salah dari MDU dan/atau pihak ketiga atau yang dengan sengaja menyebarkan informasi palsu;
- 4.6. Tindakan mengirim pesan yang sama atau serupa ke Pengguna dalam jumlah besar dan tidak terbatas (kecuali yang disetujui oleh MDU), atau tindakan lain yang dianggap MDU sebagai spam;
- 4.7. Tindakan yang menguntungkan atau melibatkan kerja sama dengan kelompok anti-sosial;
- 4.8. Perbuatan yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan atau ajakan kepada kelompok agama tertentu;
- 4.9. Tindakan pengumpulan, pengungkapan, atau penyediaan informasi pribadi, informasi terdaftar, riwayat Pengguna, atau sejenisnya yang tidak sah atau tidak tepat;
- 4.10. Tindakan mengganggu server dan/atau sistem jaringan Layanan; memanipulasi Layanan secara curang melalui bot, alat curang, atau tindakan teknis lainnya; dengan sengaja menggunakan kecacatan pada Layanan, mengajukan pertanyaan yang tidak masuk akal dan/atau berdasarkan klaim seperti mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali di luar apa yang diperlukan, dan tindakan lain yang mengganggu atau menghalangi pengoperasian Layanan MDU atau Penggunaan Layanan oleh Pengguna lain;
- 4.11. Tindakan penguraian kode dari sumber kode Layanan, seperti dengan cara rekayasa terbalik, pembongkaran atau sejenisnya, untuk tujuan yang tidak masuk akal atau dengan cara yang tidak adil;
- 4.12. Tindakan yang membantu atau mendorong tindakan apa pun yang dinyatakan dalam Klausul 4.1 hingga 4.11; dan
- 4.13. Tindakan selain yang ditetapkan dalam Klausul 4.1 hingga 4.13 yang secara wajar dianggap tidak pantas oleh MDU.
- 4.14. Tindakan eksploitasi bugs yang ada pada Layanan MDU dengan tujuan untuk menguntungkan diri pribadi atau seseorang dan menimbulkan kerugian pada MDU. Apabila Pengguna secara terbukti tetap melakukan hal tersebut, maka MDU berhak atas kompensasi dengan besaran sesuai dengan perhitungan MDU.
- 4.15. Tindakan yang dilarang oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
-
Kewajiban Pengguna
- 5.1. Pengguna harus menggunakan Layanan dengan risiko mereka sendiri, dan harus menanggung setiap dan semua tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan berdasarkan dan hasil dari Penggunaan Layanan.
- 5.2. MDU dapat menangguhkan Penggunaan semua atau sebagian Layanan, membatalkan perjanjian apa pun antara Pengguna dan MDU sehubungan dengan Layanan (termasuk, tanpa batasan, perjanjian apa pun berdasarkan Ketentuan ini, yang selanjutnya sama) atau mengambil tindakan lain yang dianggap perlu dan sesuai oleh MDU, tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna tersebut, dalam hal Pengguna tersebut termasuk dalam atau ada kemungkinan bahwa Pengguna tersebut termasuk dalam salah satu hal berikut:
- 5.2.1 Seorang Pengguna melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, Ketentuan ini atau Ketentuan Terpisah lainnya;
- 5.2.2 Seorang Pengguna adalah anggota grup anti-sosial atau pihak terkaitnya;
- 5.2.3 Seorang Pengguna menodai kredibilitas MDU dengan menyebarkan informasi palsu, menggunakan cara curang atau paksaan, atau cara lain yang melanggar hukum;
- 5.2.4 Pengguna tunduk pada suatu petisi untuk penyitaan, penyitaan sementara atau prosedur lelang seperti kebangkrutan, rehabilitasi sipil atau prosedur serupa yang telah dimulai; ata MDU dengan cara lain menganggap bahwa ada ketidakpastian sehubungan dengan kredibilitas Pengguna; atau
- 5.2.5 Hubungan kepercayaan dengan Pengguna hilang atau MDU dengan cara lain secara wajar memutuskan bahwa tidak pantas bagi MDU untuk menyediakan Layanan kepada Pengguna, karena alasan selain yang ditetapkan dalam butir 5.2.1 hingga 5.2.4.
- 5.3. Dalam hal MDU menderita kerugian/kerusakan baik secara langsung maupun tidak langsung (termasuk, tanpa batasan, imbalan pengacara) karena Penggunaan Layanan oleh Pengguna (termasuk, tanpa batasan, kasus di mana MDU menerima keluhan dari pihak ketiga karena Penggunaan tersebut), Pengguna harus segera memberikan kompensasi kepada MDU atas kehilangan/kerusakan tersebut sesuai dengan permintaan MDU.
-
Tidak Ada Jaminan
MDU tidak akan memberikan jaminan, baik tersurat maupun tersirat, terkait dengan layanan (termasuk konten), bahwa tidak ada cacat (termasuk, tanpa batasan, kesalahan sehubungan dengan keamanan, dll., eror atau bugs, atau pelanggaran hak) atau terhadap keamanan, keandalan, akurasi, kelengkapan, efektivitas dan kesesuaian untuk suatu tujuan tertentu. MDU tidak akan bertanggung jawab untuk menyediakan layanan setelah menghapus kecacatan tersebut.
-
Pembatasan Tanggungjawab MDU
- 7.1. MDU tidak akan bertanggung jawab atas kerugian apa pun yang dialami oleh Pengguna yang timbul dari Penggunaan layanan kecuali kerugian tersebut dapat diatribusikan kepada tindakan yang disengaja atau kelalaian yang nyata MDU; namun dengan ketentuan bahwa dalam hal perjanjian antara Pengguna dan MDU yang berkenaan dengan Penggunaan layanan merupakan suatu kontrak konsumen sebagaimana didefinisikan berdasarkan undang-undang kontrak konsumen ("kontrak konsumen"), MDU akan bertanggung jawab untuk menyediakan kompensasi atas kerugian yang timbul karena kelalaian pada pihak MDU (tidak termasuk kelalaian besar) yang timbul karena kontrak atau perbuatan melawan hukum hanya dalam cakupan (a) kerugian yang biasanya terjadi (yaitu, tidak termasuk kehilangan keuntungan dan kerugian lainnya yang timbul dalam keadaan khusus), dan (b) jumlah biaya Penggunaan atas layanan yang diterima dari Pengguna tersebut untuk layanan berbasis biaya untuk bulan kerugian tersebut terjadi, secara maksimum.
- 7.2. Jika seorang Pengguna mengalami kerugian sebagai suatu akibat kelalaian besar pada pihak MDU, MDU bertanggung jawab untuk memberikan kompensasi atas kerugian yang terjadi namun hanya dalam cakupan (a) kerugian yang biasanya terjadi (yaitu, tidak termasuk kehilangan keuntungan dan kerugian lainnya yang timbul dalam keadaan khusus), dan (b) jumlah biaya Penggunaan atas layanan yang diterima dari Pengguna tersebut untuk layanan berbasis biaya untuk bulan kerugian tersebut terjadi, secara maksimum; namun, bagaimanapun, hal tersebut tidak berlaku jika perjanjian antara Pengguna tersebut dan MDU masuk pada definisi dari suatu kontrak konsumen.
-
Hubungan antara Ketentuan ini dan Peraturan Perundang-Undangan
Jika ada ketentuan dari Ketentuan ini yang ditemukan melanggar Undang-Undang Kontrak Konsumen Indonesia atau peraturan perundang-undangan lain yang berlaku untuk perjanjian antara Pengguna dan MDU sehubungan dengan Layanan, ketentuan tersebut, sejauh pelanggaran tersebut, tidak akan berlaku untuk perjanjian dengan Pengguna; dengan ketentuan, ketentuan lainnya dari Ketentuan ini tidak akan terpengaruh karenanya.
-
Pemberitahuan dan Kontak
- 9.1. Untuk pemberitahuan dari MDU kepada Pengguna mengenai Layanan, MDU akan menggunakan metode yang MDU anggap tepat, seperti memposting di tempat yang sesuai dalam Layanan atau di situs web MDU.
- 9.2. Untuk pemberitahuan dari Pengguna kepada MDU mengenai Layanan, Pengguna harus menggunakan formulir pertanyaan pelanggan yang tersedia di Layanan atau di situs web MDU, atau melalui cara lain yang ditentukan oleh MDU.
-
Bahasa
Syarat & Ketentuan ini dibuat dalam 2 versi Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, apabila terdapat perbedaan tafsir antara versi Bahasa Indonesia dengan versi Bahasa Inggris maka menurut Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan akan menggunakan versi Bahasa Indonesia.
-
Hukum yang Mengatur dan Yuridiksi
Setiap konflik antara Pengguna dan MDU yang timbul dari atau sehubungan dengan Layanan akan diselesaikan sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan berada di dalam Yuridiksi Negara Indonesia.